UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUBAH

Amelia Yulita, EMa Sukmawati, Khamaruzaman M.Pd

Sari


Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Tindakan, mengunakan prosedur penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa dari kelas VIII SMPN 1 Subah dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa yang memiliki sikap tanggung jawab belajar rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya : 1) gambaran awal  sikap tanggung jawab belajar siswa kelas VIII aspek pertama 86% dengan kategori “Baik” peningkatan pada aspek kedua 48% dengan kategori “Baik” peningkatan pada aspek ketiga 85% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada aspek keempat 78% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada aspek kelima 89% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada aspek keenam 79% dkategori “Baik”, peningkatan pada aspek ketujuh 87% diketgorikan “Baik”, peningkatan aspek kedelapan 82% dikategori “Baik”, peningkatan aspek kesembilan 85% dikategori “Baik”, peningkatan pada aspek kesepuluh 85% dikategori “Baik”. Hasil akhir keseluruhan berdasarkan sampel penelitian sebelum layanan adalah 3,5% hasil akhir setelah layanan 61% dan peningkatan mencapai 57,5%. 2) pelaksanaan layanan konseling kelompok, a) siklus I berdasarkan hasil pengamatan guru bimbingan dan konseling terhadap peneliti mencapai hasil 44% kategori “Cukup”, b) siklus II berdasarkan hasil pengamatan guru bimbingan dan konseling terhadap peneliti mencapai hasil 74% dikategori “Baik”. 3) peningkatan sikap tanggung jawab belajar sebelum diberikan tindakan mendapatkan 43,75% dan setelah diberikan layanan 76,25% mendapat peningkatan 32,5% diketegorikan “Baik”.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Gunawan, S (2016). “ Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 2 Batulayar”.Jurnal Realita, Vol 1 Nomor 2.

Hidayat. D. Dkk. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Kamaruzzaman, (2016). Bimbingan dan Konseling. Pustaka rumah Aloy.

Prayitno, (2007). Buku Seri Bimbingan dan Konseling Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.

Purwanto, E. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ratnasari, E. (2015). Penerapan Pendekatan Gestalt dengan Teknik Bermain Proyeksi Melalui LayPanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Bertanggung Jawab Belajar pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Disertai Pasca sarjana Pada Fakultas IPPS Ikip-Pgri Pontoanak.

Rustam, Dkk. (2016:2) “Meningkatkan Tanggung Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Proyeksi”.Jurnal penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 2(2) Mei 2016.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sukardi Kentut, (2008). Proses Bimbingan dan Konseling Disekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Sutoyo, A. (2014). Pemahaman individu observasi, checklist, interview, kuesioner, dan sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tim Penyusun, (2016). Paduan Operasional Tahun Akademik 2016/2017 Tentang Akademik, Kemahasiswaan, Penulisan Skripsi.

Willis, (2011), Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##