UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SUBAH
Sari
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Tindakan, mengunakan prosedur penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa dari kelas VIII SMPN 1 Subah dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa yang memiliki sikap tanggung jawab belajar rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya : 1) gambaran awal sikap tanggung jawab belajar siswa kelas VIII aspek pertama 86% dengan kategori “Baik” peningkatan pada aspek kedua 48% dengan kategori “Baik” peningkatan pada aspek ketiga 85% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada aspek keempat 78% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada aspek kelima 89% dengan kategori “Baik”, peningkatan pada aspek keenam 79% dkategori “Baik”, peningkatan pada aspek ketujuh 87% diketgorikan “Baik”, peningkatan aspek kedelapan 82% dikategori “Baik”, peningkatan aspek kesembilan 85% dikategori “Baik”, peningkatan pada aspek kesepuluh 85% dikategori “Baik”. Hasil akhir keseluruhan berdasarkan sampel penelitian sebelum layanan adalah 3,5% hasil akhir setelah layanan 61% dan peningkatan mencapai 57,5%. 2) pelaksanaan layanan konseling kelompok, a) siklus I berdasarkan hasil pengamatan guru bimbingan dan konseling terhadap peneliti mencapai hasil 44% kategori “Cukup”, b) siklus II berdasarkan hasil pengamatan guru bimbingan dan konseling terhadap peneliti mencapai hasil 74% dikategori “Baik”. 3) peningkatan sikap tanggung jawab belajar sebelum diberikan tindakan mendapatkan 43,75% dan setelah diberikan layanan 76,25% mendapat peningkatan 32,5% diketegorikan “Baik”.
Teks Lengkap:
Download PDF (English)Referensi
Gunawan, S (2016). “ Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 2 Batulayar”.Jurnal Realita, Vol 1 Nomor 2.
Hidayat. D. Dkk. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Kamaruzzaman, (2016). Bimbingan dan Konseling. Pustaka rumah Aloy.
Prayitno, (2007). Buku Seri Bimbingan dan Konseling Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.
Purwanto, E. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ratnasari, E. (2015). Penerapan Pendekatan Gestalt dengan Teknik Bermain Proyeksi Melalui LayPanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Bertanggung Jawab Belajar pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Disertai Pasca sarjana Pada Fakultas IPPS Ikip-Pgri Pontoanak.
Rustam, Dkk. (2016:2) “Meningkatkan Tanggung Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Proyeksi”.Jurnal penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 2(2) Mei 2016.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sukardi Kentut, (2008). Proses Bimbingan dan Konseling Disekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Sutoyo, A. (2014). Pemahaman individu observasi, checklist, interview, kuesioner, dan sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tim Penyusun, (2016). Paduan Operasional Tahun Akademik 2016/2017 Tentang Akademik, Kemahasiswaan, Penulisan Skripsi.
Willis, (2011), Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##