PENGEMBANGAN MEDIA POSTER MITIGASI BENCANA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MELIAU

Maria Imakulata Dorosa1, Rika Anggela, Rosanti Rosanti

Sari


Penelitian bertujuan untuk : 1) Mengetahui tingkat kevalidan media poster mitigasi bencana menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran geografi; 2) Mengetahui tingkat kepraktisan media poster mitigasi bencana menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran geografi.Jenis penelitian yaitu peneliti pengembangan (R&D) model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Meliau pada tahun ajaran 2023/2024. Tahapan pengembangan melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (devolopment), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi adapun instrument yang digunakan adalah lembar validasi produk serta lembar respon guru dan siswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis data deskriptif dan analisa deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian ini yaitu 1) Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media poster menggunakan Canva pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Meliau; 2) berdasarkan penilaian validasi ahli materi dengan skor sebesar 98,8% (sangat valid), ahli media dengan skor sebesar 90,5% (sangat valid). Validasi respon guru dengan skor sebesar 82,10% (sangat praktis), validasi respon siswa dengan skor sebesar 86,56% (sangat praktis). Berdasarkandata tersebut maka, media poster mitigasi bencana menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Meliau dikatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran geografi.


Kata Kunci


Pengembangan, media poster, Canva, Mitigasi Bencana

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus pengestu, Urip Tisngati, Ferry Aristya. (2022). “Pengembangan Media Poster Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Untuk Siswa Sekolah Dasar”.Scholarly Journal of Elementary School 2 no.2:109-115.

Antika, R. R. (2014). Proses pembelajaran berbasis student centered learning (Studi deskriptif di sekolah menengah pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). BioKultur, 3(1), 251–263.

Arsyad, Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

BNPB, 2012, Buku Saku Tanggap, Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 11 Tahun 2008 tentang Pedoman Rehabilitasi dan Konstruksi Pasca Bencana (2008).

Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. Geoedusains: JurnalPendidikan Geografi, 1(1), 27–41.

Eldi Mulyana, M.Pd. (2023). Mitigasi Bencana.Bandung: Widina Media Utama.

Juhadi. (2020). Pendidikan Literasi Mitigasi Bencana di Sekolah. Kudus: Parist Penerbit.

Kustandi, Cecep dan Darmawan, Daddy. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Lestari, Mei Wahyu, et al. "Pengembangan media pembelajaran poster berbasis literasi dan numerasi di SDN 3 Krakitan." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2023): 88-97.

Maiyena, S. (2013). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakteruntuk Materi Global Warming. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 18-26.

Melisa Fidia Astuti, P. (2021). Pengembangan Poster Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kretek Kabupaten Bantul. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Pratiwi, Utami. (2021). Mudah Belajar Desain Grafis Dengan Aplikasi Canva.Yogyakarta: DIVA Press.

Rahmatullah, Muhammad. "Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar." Jurnal penelitian pendidikan (2011): 178-186.

Risa Nur Sa’adah. (2020). Metode Penelitian R&D ( Research and Development).Malang .Literasi Nusantara Abadi.

Rizki Pebrina, Rusyada Annisa (2023). Pengembangan Media Poster Menggunakan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 4 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 65-72.

Sari Oktafian, dkk. (2021). Geografi SMA Kelas X. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset, dan Tegnologi Rebuplik Indonesia.

Sofia, Nita, et al. "Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pengembangan E-Modul Perpajakan Berbasis Case Method." Jurnal Ecogen (2023):54-63.

Yasinto Sindu. (2017).Geografi Untuk SMA/Ma Kelas XI. Deli Serdang. Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License