ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBURAYA

Noberta Anjeli, Ihsan Nurhakim, Dian Equanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran geografi dengan menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa kelas X-B di SMA Negeri 3 Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya. 2) mendeskripsikan bagaimana hasil belajar siswa kelas X-B Pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri 3 Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru geografi dan siswa kelas

X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran geografi dengan menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa kelas X-B di SMA Negeri 3 Sungai Kakap sudah baik. Ditunjukkan dengan tercapainya beberapa indikator kurikulum merdeka yaitu pembelajaran berbasis projek dan fokus pada materi esensial. 2) hasil belajar siswa kelas X-B Pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri 3 Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya sudah baik. Ditunjukkan dari aspek penilaian kognitif yang diperoleh melalui Guru Geografi rata-rata siswa sudah memenuhi Kriteria Ketercapai Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang diterapkan.


Kata Kunci


Kurikulum merdeka belajar, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Geografi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asnawi, R. I., & Chamidi, A. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN Mengkowo Tahun Ajaran 2022/2023. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen.

Barkah, A. I. (2022). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pendidikan, 1, 2022.

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075–1090.

Febriani, A., Azizah, Y., Satria, N., & Setiawati, M. (2023). strategi guru terhadap pendidikan kritis dalam penerapan kurikulum merdeka belajar. Jurnal Binagogik, 10(2), 331–339

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid- 19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161.

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Ngurah, S. I. G., Made, A. N., & Luh, S.

N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka. Geter: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(2), 25–38.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan

metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19 (02), 99–110.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Suardipa, I. P. (2023). Lini masa kebijakan kurikulum merdeka dalam tatanan kotruksi mutu profil pelajar pancasila. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2).

Yassha, P. M., Yesasri, Y., & Setiawati,

M. (2022). THE RELATIONSHIP OF STUDENT PARTICIPATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT IN SMP NEGERI

X KOTO ABOVE. Jurnal Scientia, 11(01), 297–300.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License