ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA PULAU TERHADAP OBYEK WISATA PANTAI TELOK PANDAN KECAMATAN SIMPANG HILIR KABUPATEN KAYONG UTARA

Tiara Tiara, Adhitya Prihadi, Mustofa Mustofa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi kondisi sosial ekonomi masyarakat terhadap pengembangan obyek wisata Pantai Teluk Pandan di Desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan triangulasi yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara sistematis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pantai Teluk Pandan memiliki potensi wisata yang besar berkat keindahan alamnya, termasuk pasir putih, air laut yang jernih, dan pepohonan hijau yang rindang. Namun, pengembangan obyek wisata ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti aksesibilitas yang terbatas dan kurangnya fasilitas pendukung. Partisipasi masyarakat setempat dalam pengembangan wisata menunjukkan hubungan yang erat antara kondisi sosial ekonomi masyarakat dengan daya tarik wisata Pantai Teluk Pandan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kualitas infrastruktur dan fasilitas, serta peningkatan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan wisata, dapat meningkatkan daya tarik dan kesejahteraan masyarakat sekitar.


Kata Kunci


Kondisi Sosial Ekonomi, Pengembangan Wisata, Pantai Teluk Pandan, Desa Pulau Kumbang, Pariwisata Berkelanjutan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananto, O. 2018. Persepsi Pengunjung pada Objek Wisata Danau Buatan Kota Pekanbaru. JOM FISIP Vol.4 No.1

Harahap, M., 2018. Tanggapan pengunjung terhadap fasilitas objek wisata rumah batu Serombou di Kabupaten Rokanhulu. Jurnal Organisasi dan Manajemen 5(1),1-8.

Huzaimah. 2020. Pendampingan Lansia Dalam Pencegahan Komplikasi Hipertensi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(1):518.

Niemah F. Kartika., 2014. Persepsi Wisatawan Mancanegara Terhadap Fasilitas dan Pelayanan Di Candi Prambanan. Yogyakarta: Jurnal Nasional Pariwisata.Vol. 6 No.1

Perawat Rumah Sakit Permata Bunda Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis

Sadono Sukirno. 2016. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Siregar & Nasution, 2020. “Pengaruh Kerjasama Tim Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Permata Bunda Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 1(1),: 151–60.

Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (1 ed.). Kencana: Jakarta.

Sugiyono., 2019. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alphabet.

Sulistyorini, Novita. 2014, Kemampuan Berbahasa Indonesia Lisan Dan Tingkat Sosial Ekonomi Pada Masyarakat Sangkarah Surakarta; Tinjuan Sosiolingustik. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Sukarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License