ANALISIS FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 SEGEDONG KABUPATEN MEMPAWAH

Ratih Ayu Wahyuni, Pitalis Mawardi Baging, Mustiah Mustiah

Sari


Permasalahan pendidikan yang saat ini masih terjadi dan sulit untuk di tangani ialah angka putus sekolah. Sama halnya yang terjadi saat ini di SMP Negeri 1 Segedong banyak anak yang putus sekolah. Dilihat dari kondisi lingkungan di Kecamatan Segedong bahwasanya masyarakat bermatapencaharian sebagai petani, sehingga kebutuhan anak di bidang sekolah kurang terpenuhi dan juga pergaulan anak yang sulit di kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui apa yang menjadi faktor penyebab anak putus sekolah di SMP Negeri 1 Segedong dan bagaimanakah upaya yang dilakukan pihak sekolah dan orang tua dalam merespon anak putus sekolah di SMP Negeri 1 Segedong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus (case study). Dilihat dari faktor penyebab anak putus sekolah tersebut dapat dibedakan menjadi 2 yaitu dari factor internal dan faktor eksternal. Factor internal yaitu dari dalam diri anak yaitu malas dan kurangnya motivasi. Factor eksternal yaitu dari lingkungan anak tersebut yaitu factor pergalan, factor ekonomi, kurangnya perhatian orang tua, dan bullying. Upaya yang dilakukan sekolah pihak sekoklah yaitu mengunjungi rumah siswa yang ingin putus sekolah. orang tua masih belum bisa mengendalikan anak atau memberikan dorangan lebih atau meberikan motivasi kepada anak tentang betapa pentingnya pendidikan.


Kata Kunci


Putus sekolah, factor penyebab, kualitatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. R., Pairin, P., & Rasmi, R. (2020). Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19-25.

Afrizal. (2014). Metode penelitian kualitatif: Sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. PT RajaGrafindo Persada.

Cahyani, N. K. A. S., Suciptawati, N. L. P., &Sukarsa, K. G. (2019). Identifikasi faktor yang memengaruhi anak putus sekolah di Kabupaten Badung. EJurnal Matematika, Vol. 8(4), 289.

Darmadi, H. (2014). Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Lanawaang, J. J., & Mesra, R. (2023). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Kelurahaan Tuutu Analisis Pasal 31 Ayat 1, 2, dan 3 UUD 1945. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2).

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Saepuloh, D., & Suherman, A. (2018). Analisis penyebab angka putus sekolah Kota Tangerang. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, Vol. 2(XVIII), 98–111.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Cv.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License