PENGARUH MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 NGABANG

Devi Indah permata Sari, Eviliyanto Eviliyanto, Rosanti Rosanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Ngabang. Metode penelitian ini adalah eksperimen, bentuk quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi adalah kelas XI IPS A, B, dan C berjumlah 106 siswa dan sampel sebanyak 71 siswa, yaitu kelas XI IPS A sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS C sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu teknik komunikasi tidak langsung berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, angket minat belajar siswa di kelas eksperimen memperoleh persentase pretest sebesar 69,56% kategori cukup, memperoleh persentase posttest sebesar 80,8% dengan kategori baik. Kelas kontrol memperoleh persentase pretest sebesar 67,96% berkategori cukup, memperoleh persentase posttest sebesar 70,41% dengan kategori cukup. Nilai thitung adalah -6.161. Tabel distribusi t dicari pada α=0,05 diperoleh ttabel sebesar 2.042 dan Sig (0,000) < α=(0,05), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Terdapat pengaruh media video terhadap minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngabang

Kata Kunci


Media Video, Pembelajaran Geografi, Minat Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, D. N., & Yuliansah. (2024). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Self Efficacy Siswa Kelas XI SMK Abdi Negara Muntilan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 12(2). https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.11923

Arib, M. Farhan, dkk. 2024. Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497- innovative.org/index.php/Innovative/article/download/8468/5784.

Handayani, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 60–69.

Kahfi, S. (2022). Efektivitas Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Letak dan Luas Benua Australia Kelas IX SMP Negeri 2 Giligenting. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1).

Kemendikbud. (2013). Undang undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia

Puspasari, Heny & Weni Puspita. 2022. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Mengahadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65-71. https://ejurnal.poltekkes- tjk.ac.id/index.php/JK/article/download/2814/1498

Rahmatia, Fauza & Yanti Fitria. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), Rosyid, Zaiful, dkk. 2019. Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Sawitri, Ester Reni. 2022. Model Discovery Learning Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Trygu. 2021. Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Indonesia: Guepedia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License