TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP FASILITAS WISATA DI JUNGKAT BEACH KECAMATAN JONGKAT KABUPATEN MEMPAWAH

Nur Artika Yulandari, Adhitya Prihadi, Dian Equanti

Sari


Pariwisata adalah kegiatan berhubungan dengan perjalanan rekreasi liburan, wisata Jungkat Beach ini dekat dengan Kota Pontianak Kalimantan Barat. Wisata Jungkat Beach ini titk akhir muara terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Kapuas. Wisata Jungkat Beach ini memiliki berbagai fasilitas seperti spot foto, toilet, mosholla dan fasilitas lain yang ada di wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi fasilitas wisata Jungkat Beach dan untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap fasilitas setelah mengunjungi wisata Jungkat Beach. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk penelitian adalah survei (survei studies). Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Wisata Jungkat Beach memiliki daya tarik berupa pemandangan alam yang unik dan fasilitas yang cukup lengkap seperti saung, restoran, musholla, dan tempat cuci tangan. Namun, beberapa fasilitas seperti permainan anak-anak dan mini zoo perlu ditingkatkan kualitas dan ketersediannya. 2) Mayoritas wisatawan merasa puas terhadap fasilitas di Jungkat Beach, terutama fasilitas saung, musholla, dan restoran. Namun, terdapat keluhan pada beberapa aspek seperti jalan menuju lokasi yang kurang mulus dan kurangnya toko oleh-oleh serta mini zoo yang belum beroperasi

Kata Kunci


Kondisi wisata, Tingkat Kepuasan, Jungkat Beach

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arida, I. N. S (2016). Buku ajar pariwisata

berkelanjutan. Sustain Press

Asmelash, A. G., & Kumar, S. (2019) The structural relationship between tourist satisfaction and sustainable heritage tourism development in Tigrai, Ethiopia, Heliyon 5(3), e01335.

https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01335

Bella, K. O. (2016). Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 di Kabupaten Sleman. Jurnal Kajian Hukum, 1(2), 133–158.

Fanggidae, R. P. C., & R. Bere, M. L. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6833

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2010). Pengertian Kepuasan Wisatawan, Jilid 1. Jakarta: Erlangga,.

Mai, K. N., Nguyen , P. N. D., & Nguyen, P. T. M (2019) International tourists'loyalt to Ho Chi Minh City destination-a mediation analysis of perceived servic quality and perceived value. Sustainability (switzerland), 11 (19).

Murni, N. G. N. S., Ruki, M., & Anatara, D. M. S (2020). Beach utilization as tourist attraction and ritual in Bandung Regency. 226(Icss), 538-542. https://doi.org/10.2991/icss-18.2018.111

Phillips, W. J., Wolfe, K., Hodur, N., & Leistritz, F. L. (2013). Tourist wordof mouth and revisit intentions to rural tourism destinations: A case of North Dakota, USA. International Journal of Tourism Research, 15(1), 93–104

Puspitasari, M. L., & Sastrawan, I. G. A. (2020). Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap kulitas sarana dan prasarana di kawasan Kota Lama Semarang. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 349.

Pratama. (2017). Pengertian Survey. Website, 1. https://kbbi.web.id/survei

Purniawan, Endra. 2018." Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Desa Wisata Belimbing Sari Jembrana, Bali" Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata Universitas Dyana Pura. Vol 13 No 2.

Syahrial, S., & Badollahi, M. Z. (2020). Development of a community-based marine tourism attraction in the Samboang Beach in Bulukumba Regency. Journal La Bisecoman, 1(2), 1–9.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Susetyarini, O. & Masjhoer, J. M. (2018). "Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum, Prasara Umum dan Fasilitas Pariwisata di Malioboro Pasca Revitalisasi Kawasan". Jurnal Ilmiah Kepariwisataan, Vol. 12, No. 1, Januari 2018.

Wajdi, F., Seplyana, D., Juliastuti, Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, Halisa, N. N., Rusmalinda, S., Kristiana, R., Niam, M. F., Purwanti, E. W., Melinasari, S., & Kusumaningrum, R. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License