ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPAS MERANCANG AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL DI SMK KOPERASI KOTA PONTIANAK

Yulita Silvia, Pitalis Mawardi Baging, Ivan Veriansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam merancang dan menerapkan aktivitas pembelajaran berbasis teknologi digital di SMK Koperasi Kota Pontianak. Dalam era digital yang terus berkembang, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan menjadi sangat penting, terutama di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang membutuhkan kesiapan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yang mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menggali data terkait kompetensi pedagogik guru, penerapan teknologi digital, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi teknologi di kelas. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SMK Koperasi Kota Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi digital tergolong baik, di mana guru mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Pemanfaatan berbagai platform digital seperti Google Classroom, Canva, Kahoot, dan YouTube telah meningkatkan kualitas pembelajaran. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur dan perbedaan literasi digital antar guru, SMK Koperasi telah menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung transformasi digital. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan dukungan dari pemerintah dan pemangku kepentingan untuk memperkuat infrastruktur dan pelatihan berkelanjutan guna memastikan integrasi teknologi yang merata di seluruh sektor pendidikan

Kata Kunci


Kompetensi Pedagogik, Merancang Aktivitas Pembelajaran, Teknologi Digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Asfiya’i, I., Mulyono, D., & Rahmawati, E. (2024). Kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 55–64. https://doi.org/xxxx

Margono. (2000). Metodologi penelitian pendidikan. Rineka Cipta.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Setianingrum, N., Pratama, R., & Lestari, A. (2024). Literasi digital di abad 21: Tantangan dan peluang bagi pendidik. Jurnal Pendidikan Abad 21, 5(2), 101–112. https://doi.org/xxxx

Siregar, H. (2016). Kebijakan integrasi teknologi dalam pendidikan: Strategi dan implementasi. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 9(2), 145–156.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukoco, E. (2020). Kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 23–32. https://doi.org/xxxx

Susanto, H. (2017). Pelatihan teknologi pendidikan untuk guru: Strategi peningkatan kompetensi. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 9(1), 77–88. https://doi.org/xxxx

Syukur, M. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(3), 306–315. https://doi.org/xxxx

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157.

Zuldafrial. (2012). Metodologi penelitian. Cerdas Ulet Kreatif


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License