IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ANTI KORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BENGKAYANG

Nova Nadila, Yuliananingsih Yuliananingsih

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, peran guru dalam implementasi nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan kewargangaraan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskritif. Subyek Penelitian Kepala Sekolah, Waka kurikulum, Guru PPKn, dan Siswa di sekolah SMA Negeri 3 bengkayang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah panduan wawncara, observasi dan dokumentasi. Subjek  dalam penelitian ini taitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru PPKn dan siswa. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.. Hasil penelitian implementasi nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Bengkayang sudah sebagian nilai anti korupsi terimplementasi  dengan baik, dan sebagian nilai-nilai tersebut belum terimplementasi dapat dilihat masih banyak ditemukan siswa yang terlambat. Peran guru yang sangat berpengaruh dalam implementasi tersebut di antaranya guru memilik pengatahuan tentang korupsi, perubahan sikap dan pengembangan karakter siswa.

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Reneka Cipta.

Center.2006.Anti Corruption Education At School.Vilnius Lithuania: Ganerlish Publishing.

Darmadi, Hamid. 2014. Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandung : Alfabeta

Darmadi, Hamid. 2018. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Eko,Handoyono. 2013. Pendidikan Anti Korpsi. Yogyakarta: Ombak.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2011. Pendidikan Anti Korupsi Untuk Peguruan Tinggi. Jakarta : Kemendikbud.

La Hadifa. 2019. Membangun Budaya Anti Korupsi. CV : Adiprisma Pustaka.

Maltuf Siroj. 2018. Pendidikan Anti Korupsi. Malang : Madani Media.

Muhammad Ali & Muhammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara.

Muleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Soerodibroto. 2016. KUHP dan KUHAP. Jakarta : PT.Raja Grafindo.

Somantri, Nu’man. 2001. Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan Menggagas Pembaruan Dosenan IPPS. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sumarsono. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Gramdia Pustaka Utama.

Syah. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Nomoer 20 Tahun 2003 Tentang Pemerinth Menertibkan Peraturan Pemerintah

Undang-Undang Sisdiknas Nomoer 20. Tahun 2003 Tentang Pendidikan Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo. 2013. Pendidikan Anti Korupsi Disekolah. Yogyakarta: Pustka Belajar.

Skrips:

Lailatus Syarifah,2014.”Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SDI Riyadlul Mubtabiin Kedok Turen Malang”Skripsi Malang.Universitas Negeri Maulana Malikibrahim Malang.

Muzdalifah, A. (2013). Peningkatan kerja keras dan prestasi belajar IPA materi bagian tubuh tumbuhan melalui metode discovery strategy di kelas IV Sd Negeri 08 Bantarbolang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Nur Syairah,2020. “Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Universitas Muhammadiyah Makassar”.

Saima Sakilah Dalimunthe,2019. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan”Skripsi.Medan. Universitas Islam Negeri. Skripsi.Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Jurnal

Ahmad Helmi, (2020). Evaluasi Kurikulum Pelatihan Penyusunan Renstrakementerian Esdm Berdasarkan Kebutuhan Dan Harapan Alumni Pelatihan Di Ppsdm. Jurnal Aparatur, Volum 4 No 2. https://ppsdma

Arcella J.M.U Djoh, Yohana F.Hibur.(2019). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Anti Korupsi Melalui Mata Pelajaran Ppkn Bagi Siswa SMA Negeri Waingapu.Jurnal volume 1 No.2 Tahun 2019. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/331

Humaira, J., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3),86128620.https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2362

Ita suryani,(2015). Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi Di Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Preventif Pencegahan Korupsi.Jurnal Jurnal Visi Komunikasi:volume 14 No.2 Tahun 2015. https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/425/submission/copyedit/425-1086-1-CE.pdf

Kristiono, N. (2018). Penanaman Nilai Antikoroupsi Bagi Mahasiswa Fis Unnes Melalui Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/280

La Sina,(2018).Dampak Dan Upaya Pemberantasan Serta Pengawasan Korupsi Di Indonesia..Jurnal Hukum Pro Justitia,Volume 26 No 1. https://journal.unpar.ac.id/index.php/projustitia/article/download/1108/1075

Sucipto, M. (2019). Penanaman nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pademawu Barat 1 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). http://digilib.uinsby.ac.id/33045/

Sutrisno. (2016). Peran ideologi Pancasila dalam perkambangan konstitusi dan sistem hukum di Indonesia. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 41–49.http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/303

Natak Kristiono.(2020). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di SMK Texmaco Pemalang. Jurnal Integralistik,Volume 31 (1) (2020).https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/download/21618/10095

Syurya Muhammad Nur.(2021) Penerapan Pendidikan Anti Korupsi Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 6 No 2. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/EDU/article/download/4144/3026

Firmansyah, S., & SULISTIAWAN, H. (2017). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Nilai Moral Yang Terkandung dalam Materi Demokrasi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 58-65. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/511/481

Ulandari, E., Suryanef, S., & Indrawadi, J. (2018). Penanaman Nilai-nilai Anti korupsi di SMA N 3 Padang. Journal of Civic Education, 1(1), 9-19

Safitri, D., & Suyitno, I. Peran Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Antikorupsi Di Sma Negeri 1 Soppeng. Jurnal Tomalebbi, (4), 20-34


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##