IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS X SEKOLAH MENENGAHATAS NEGERI 1 SUNGAI BETUNG KABUPATEN BENGKAYANG

Libertus Kristian1, Fety Novianty, Moad Moad

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique Dalam  Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research).. bentuk penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research).Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung, teknik observasi langsung dan teknik studi documenter. Teknik analisa data yang diguankan yaitu tolok ukur pembelajaran, Indikator Keberhasilan, Hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan secara umum bahwa Penerapan  model (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang sudah dilakukan, walaupun masih ada yang belum diterapkan .

 

 kata kunci: Value Clarification Technique, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adinugroho, S. (2009). Model VCT, Landasan, Kerangka berfikir dan hipotesis. Tersedia: http://nazwadzulfa.wordpress.com/2009/11/14/model-vct-landasan-teori-kerangka-berfikir-dan-hipotesis/.

Adisusilo S, J.R. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Anggoro, dkk. (2007. Metodologi Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.

Arikunto,S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg,W.R dan Gall,M.C. 1983. Educational Research An Introduction. New York dan London: Longman.

Creswell,J.W. (2003). Research Design Qualitative, Quantitative and Moxed Methods Approaches. London: Sage Publications.

Darmadi H. 2008. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bandung: Alfabeta.

. 2008. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto, (2007). Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Esti S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Juniladri. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Value Clarifications Technique Reportase. Tersedia: Http://juniladri.wordpress.com/2012/06/21/ laporan-ptk-vct-reportase/. ( 23 Maret 2013 ).

Kokom K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Kusuma W, Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Leddy, P.D. (1994). Practical Research, Planning and Design. New York: Mc. Millian Publishing co,inc.

Melvin, A.G. (1944). Teaching A Basic Text in Educatin. New York: The John Day Comepany.

Nana Sudjana. (2005), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Nawani, H. (2007), Metode Penelitian Bidang Sosial. Pontianak: Gadjah Mada University Pers.

Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Sagala S.2010. Supervisi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Scenecor,W. G. (1967). Social Research Methodes, Perspective. New York: Random House.

Solihatin S. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono.(2011).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta.

Suhardjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Dosen STKIP-PGRI Pontianak. Pedoman Operasional Tahun Akademik 2009/2010. CV Faruna Bahagia: Jl.Budi Utomo no.81

Wiriaatmadja R. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuldafrial. 2010. Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##