PENGARUH MODELPEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKANKEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMANEGERI 1 HULU SUNGAI KABUPATEN KETAPANG

Melania1 Melania1, Hadi Rianto, Syarif Firmansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan  informasi yang jelas dan akurat mengenai pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 1 Hulu Sungai Kabupaten Ketapang.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan bentuk studi hubungan. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi langsung, Teknik komunikasi langsung, Teknik komunikasi tidak langsung, dan Teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa panduan observasi, panduan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan rumus persentase, mean dan regresi. Secara umum hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di Sekolah Menengah Peratama Negeri 1 Hulu Sungai Kabupaten Ketapang sebesar 77,52. 1) hasil belajar siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Hulu Sungai Kabupaten Ketapang termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata hasil belajar 72,48.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar, PPKn 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita, Sri. 1987. Strategi Belajar Mengajar. Karunika. Jakarta.

Bahri, Syaiful & Zain, Aswan (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dapdikbud. 1997. Perangkat Pembelajaran. Dikdasmen. Jakarta.

Darmadi, Hamid. 2010. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Djahri, Kosasih. 1996. Metoda dan Media Penyajian Materi. Liberty. Jakarta.

http://blogsayasaja.wordpress.com/2011/03/13/komponen-indikator-hasil-belajar/ oleh Vira dimasukkan 13 Maret 2011.

http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-demonstrasi-dalam-belajar.html.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. ( 2009 ). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Martinis Yamin. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Referensi (Anggota IKAPI): Ciputat Jakarta Selatan.

P.Hisnu Tantya. Ilmu Pengetahuan Sosial Pusat Perbukuan Departemen.

Purba, Hartono (2007). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Medan : FT. UNIMED.

Purwanto, Ngalim. 2986. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Karya. Bandung.

Purwanto, ( 2013 ). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman.(2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA Best regards,Dedi Siswoyo.

Sagala, Syaiful (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta.

See more at: http://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-demonstrasi-dalam- belajar.html#sthash.KdP0zHgr.dpuf.

Sholeh Hamid. Metode Edu Tainment. Diva Press (Anggota IKAPI): Banguntapan Jogjakarta 2012.

Subagio. Motivasi dan Aspek-aspek Pembelajaran.Jakarta 2005.

Sudjana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.

Sudjana, Nana. ( 2009 ). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offsept.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta 2010.

Suprijono, Agus. ( 2011 ). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Palkem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyatno. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka: Sidoarjo 2009.

Syarif, Ismet. 1984. Administrasi Sekolah. Depdikbud. Jakarta.

Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Penerbit: Remaja Rosda Karya Bandung 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##