PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MEMBANGUN KARAKTER MANDIRI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 5 PONTIANAK

Vinse katarina, Fety Novianty, Yuliananingsih Yuliananingsih

Sari


Tujuan umum yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi serta kejelasan objektif mengenai Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Membangun Karakter Mandiri Pada Siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Pontianak. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif. Informan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Pontianak sebanyak 10 siswa,1 orang guru PKn,1 orang guru BK dan waka kurikulum. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung dengan mengunakan panduan observasi, instrumen penelitian dan wawancara sebagai alat pengumpul data. Kesimpulan penelitian ini secara umum adalah bahwa guru PKn sangat berperan dalam membangun karakter mandiri pada siswa kelas XI sekolah menengah kejuruan negeri 5 Pontianak. Secara khusus dapat disimpulkan bahwa : Strategi apa yang dilakukan oleh guru pendidikan kewarganegaraan membangun karakter mandiri pada siswa kelas XI sekolah menengah kejuruan negeri 5 pontianak sudah dibangun melalui keteladanan. Selanjutnya, faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam membngun karakter mandiri pada siswa kelas XI sekolah menengah kejuruan negeri 5 pontianak terdiri dari factor internal dan factor eksternal dari factor internal itu dapat diperoleh dari diri siswa, sedangkan factor eksternal bisa dari sekolah, keluarga dan masyarakat

Kata Kunci


Kata Kunci: Peran Guru, Karekter Mandiri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirulloh Syarbini. 2012. Model

Pendidikan Karakter dalam

keluarga. Perpustakaan Nasional

RI

Amirulloh.Syarbini (2012). Buku Pintar

Pendidikan Karakter, jakarta : as@-

prima pustaka

Ari Ginanjar Agustian. 2009.

Membangun Insan Berkarakter

Kuat dan Cerdas. Yuma Pustaka:

Sidoarjo.

Hamid Darmadi. 2008. Dimensi

Pendidikan Kewarganegaraan diPerguruan Tinggi, Bandung:

Alfabeta.

Miller Mayer. 2010. Konsep, Implikasi

dan Tantangan Bagi Siswa di

Indonesia. Fakultas Psikologi:

Universitas Sanata Darma.

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan

dalam Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sarumpaet. 2001. Pendidikan Karakter

Anak. Balai Bahasa: DIY

Iman Wahyudi. 2012. Mengejar

Profesional Guru. Jakarta: Prestasi

Pustakarya.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Sumarwijayanti. 2007.

Ratna Megawangi. 2004. Pilar Karakter

Toleransi, Cinta Damai dan Bersatu.

Jakartta: Indonesia Heritage

Foundation.

Sugiyono.(2011) Statisitika Untuk

Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Undan-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun

Pasal 3


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##