Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Meliau Kabupaten Sanggau

Nova Setyawati, Hemafitria Hemafitria, Moad Moad

Sari


Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kejelasan tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persebaran Flora Dan Fauna Di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Meliau Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, bentuk penelitian digunakan adalah “quasy experimental design”atau eksperimen semu, dengan rancangan one-group post-test only. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu panduan observasi,tes dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan rumus mencari rata-rata (mean), dan uji t. Dengan hasil perhitungan yang diperoleh (1) rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 69,87 yang tergolong cukup. (2) rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 78 yang tergolong baik. (3) hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh nilai – ttabel ≤ thitung ≤ ttabel , maka H0 diterima, namun jika dalam keadaan berbeda yakni – 1,99 ≤ 2,51 ≥ 1.99 , atau thitung ≥ ttabel yakni 2,51 ≥ 1,99 maka H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%, hal ini berarti Ha diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.

Kata Kunci


Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Isjoni, (2012). Cooperative Learning

Efektifitas Pembelajaran Kelompok.

Bandung: Alfabeta

Jihad, Asep dan Haris,Abdul. (2012).

Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:

Multi Pressindo.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya Offset.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyanto, (2010). Model-model

Pembelajaran Inovatif. Surakarta:

Yuma presindo.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian

Kuantitatif,Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative

Learning. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Undang-Undang Sistem Pendidikan

Nasional Tahun 2003


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##