Sari
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apa saja tahapan blended learning dalam pembelajaran PPKn di SMA Shalom Kecamatan Bengkayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian guru PPKn dan Siswa-siswi SMA Shalom Kecamatan Bengkayang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah panduan observasi, wawancara,dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan Teknik data collection (pengumpulan data), data reduction (data reduksi), data display (penyajian data) dan verifiction (kesimpulan). Hasil penelitian tahapan blended learning dalam pembelajaran PPKn di SMA Shalom Kecamatan Bengkayang guru mencari informasi dari berbagai referensi secara daring ataupun luring berdasarkan kebutuhan belajar. Guru sebagai fasilitator memberikan masukan bagi peserta didik untuk mencari informasi secara efektif dan efisien. Upaya-upaya peningkatan guru menggunakan blended learning sebagai pengajar harus memiliki ketrampilan dalam menyelenggarakan pembelajaran dimana guru perlu menyiapkan waktu untuk mengembangkan dan mengelola pembelajaran serta menyiapkan referensi sebagai acuan peserta didik. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pembelajaran daring akan dapat berjalan dengan lancar apabila faktor pendukung terpenuhi. Faktor pendukung tersebut yaitu berupa alat komunikasi handphone/laptop,kuota internet dan jaringan internet lancar, sedangkan faktor penghambat yaitu tingkat respon siswa rendah, kurang nya bimbingan, dukungan dari orangtua siswa,dan akses internet tidak memadai serta tidak semua daerah siswa memiliki jaringan internet.
Kata Kunci
Kata Kunci: Blended learning,Pembelajaran PPKn
Referensi
Bell-Gredler (1986). Belajar adalah proses
yang dilakukan oleh manusia untuk
mendapatkan aneka ragam
kemampuan (competencies),
ketrampilan (skills), dan sikap
(attitude).
Dwiyogo. Wasis D, (2018). Blended
Learning Adalah Tidak Hanya
Menjadi Konsumsi ProgramProgram Berbasis Perguruan
Tinggi, Akan Tetapi Juga
Mengarah Pada Pembelajaran
Dikalangan Professional.
Dwi Siswoyo,dkk. (2013). Ilmu Pendidikan.
Yogyakarta: UNY Press.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran
(Blended Learning). Prestasi
Pustaka Publisher.
Kaelan, (2018). Metodologi penelitian
kualitatif dalam Ibrahim, Bandung:
ALFABETA, cv.
Sugiyono (2018). Metode penelitian
kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung:Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
Tahun 2003 Tentang System
Pendidikan Nasional (Sisdiknas)