PENGARUH METODE DISKUSI TEKNIK BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 02 PONTIANAK
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi Teknik Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah Quasy Experimental Design dengan rancangan penelitian One group pretest-posttest design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk essy terdiri dari 5 butir soal, RPP, dan kisi-kisi soal yang telah divalidasi oleh tiga orang validator. .Hasil belajar pretest siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Pontianak. Dari data yang diperoleh melalui tabel dan perhitungan data pretest hasil belajar siswa kelas kontrol tergolong Cukup dengan nilai rata-rata sebesar 63,71 dan hasil belajar kelas eksperimen tergolong Cukup dengan nilai rata-rata sebesar 64,00. 2. Hasil belajar posttest siswa yang tidak menggunakan metode diskusi teknik buzz group dalam mata pelajaran kewarganegaraan di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Pontianak. Dari data yang diperoleh melalui tabel dan perhitungan data postest hasil belajar siswa kelas kontrol tergolong Cukup dengan nilai rata-rata sebesar 67,71.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
AIi, Muhammad. (1998) Penelitian Kependidikan prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa.
Azzet, Akhmad Muhaimin. (2011) Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia, Malang: Ar-Ruzz Media.
Ahmudi, Abu dan Joko Tri Prasetya. (1997) Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV.Pustaka Setia.
B.Leshin Dkk. Intructional design stragies and tactics, New Jersey 07632 : Educational technology publications engle wood cliffs
Baeley, Dx ( 1982 ), Methods of Social Research, New York: A Devision of Mac Milian Publishing Co.Inc.
Beyer, Barry K. (1979). Teaching Thinking in Sosial Studies, Using Inquiry in the Classroom. Columbus, Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company, A Bell & Howell Company
Darmadi, Hamid. (2011) Metode Penelitian Pendidikan,Bandung: Alfabeta.
(2010) Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung : Alfabeta
Emanuel J. Mason, William J. Bramble. (1989). Understanding And Conducting Research, Applications in education And The Behavioral Sciences. Singapore: McGraw-Hill
Hamali koemar. (2010) Proses Belajar Mengajar,Jakarta: Laksana.
Hidayatullah, M. Furqon. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka.
Isna Aunillah, Nurla. ( 2011 ) Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: Laksana.
J. Edward Power. (1982). Philosophy Of Education. New Jersey: Practice Hall INC. Englewood Cliff
Khan, D. Yahya. (2010) Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yokyakarta: Pelangi Publishing.
Koesoma A. Doni. (2010) Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo
Nawawi, H. ( 2003 ) Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rianto,Yatim. ( 2011) Metodelogi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC.
Richey, R. (1986). The theoretical and conceptual bases of instructional design. New York: Kogan Page, London/Nichols publishing
Rimang, Siti Suwadah. (2011) Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna, Bandung: Alfabeta.
Tim Dosen STKIP PGRI Pontianak ( 2009), Pedoman Penyusunan Skripsi Bagi Mahasiswa, Pontianak: STKIP.
Surachmad, Winarno. ( 2000) Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik, Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. (2001) Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiono. (2010) Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudrajat, Akhmad.( 2011) Kutipan Dari Skripsi Yopina
Uudang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Bandung : Citra Umbara
Wibowo,Agus ( 2012) Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Internet
Gagne,R.M,.( 2007) Kemampuan Terhadap Hasil Belajar. htt//@www.geocities.com/guruvalah.pdf. [online] diakses pada tanggal 14 Juni 2012
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc4.footer##