IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 PONTIANAK

Katarina Unis, Idham Azwar, Hadi Rianto

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dengan literasi digital pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini survei dengan bentuk survei cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII di sekolah SMP Negeri 9 Pontianak. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data implementasi kurukulum merdeka dengan literasi digital pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan diukur dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus presentase % dengan tolok ukur 81-100% kategori tinggi, 61-80% kategori sedang, 0-60% kategori rendah. Hasil penelitian ini menunjukan setiap aspek dan indikator 1. Tahapan-tahapan implementasi kurikulum merdeka dengan literasi digital pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. 1). Pelatihan guru 6,28% kategori rendah, 2). Kerjasama pustakawan 3,16% kategori rendah, 3). Kerjasama penyediaan sumber daya digital 6% kategori rendah, 4). Pembelajaran terpadu 80% kategori tinggi. 2. Kendala implementasi kurikulum merdeka dengan literasi digital pada pembalajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.


Kata Kunci


Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Literasi Digital, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ayu Rizki Septiana, & Moh. Hanafi. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru Dan Pelatihan Literasi Digital Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. Https://Doi.Org/10.56799/Joongki.V1i3.832

Bella Elpira. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di Smp Negeri 6 Banda Aceh.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1609

Hasibuan, A. R. H., Aufa, Kharunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sdn 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6),26859351.Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jpdk/Article/Download/9513/7220

Konferensi, P., & Dasar, I. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk. 4, 1274–1285.

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Pt. Bumi Aksara.

Nazir. Metode Penelitian. 2005. Jakarta:Ghalia Indoensia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##