ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MENERAPKAN METODE BLENDED LEARNING PADA MAPEL PPKN DI SMP NEGERI 11 SATAP NANGA TAYAP

Rika Anggela, Erna Octavia

Sari


Abstrak

Keterampilan adalah bentuk perilaku bersifat mendasar yang dimiliki oleh seorang guru sebagai modal awal untuk melaksanakan tugas pelajarannya secara terencana dan profesional, bertujuan mencapai pembelajaran yang optimal. Proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik biasanya dilakukan di sekolah atau melalui interaksi langsung tanpa media perantara apapun. Fokus penelitian ini yaitu Keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Blended Learning. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan keterampilan mengajar guru dalam Blended Learning berdasarkan pengolahan data dan penyajian data dalam pembelajaran di SMP Negeri 11 SATAP Nanga Tayap keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode blended learning bisa terlihat dari kemampuan guru ketika merencanakan pembelajaran, pengelolaan kelas, pelaksanaan pembelajaran serta pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Dengan diterapkannya berbagai macam media seperti aplikasi atau website dalam kegiatan pembelajaran merupakan bentuk inovasi yang dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran yang melibatkan teknologi. Keterampilan guru dapat ditingkatkan melalui keikutsertaan pelatihan, seminar, workshop atau kegiatan lain yang serupa.

 


Kata Kunci


Kata Kunci: Blended Learning, Keterampilan guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241-255. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis eEektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476

Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 294-310. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2022). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454-462.

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49-56. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Kunaini, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Tematik di Madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.15

Rusman,. (2014) Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sari, M. (2016). Blended Learning, Model Pembelajaran abad ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta'dib, 17(2), 126-136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31958/jt.v17i2.267

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumiati & Asra (2017). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Sutanti, Y. A., Suryanti, S., & Supardi, Z. A. I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 594-606. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1461

Thaib, D., Wahyudin, D., Rahmawati, Y., & Riyana, C. (2016). Studi Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Model Blended Learning Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 107-125. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5133

Van der Heijden, H., Geldens, J. J., Beijaard, D., & Popeijus, H. L. (2015). Characteristics of Teachers as Change Agents. Teachers and Teaching, 21(6), 681-699. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1044328

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zuldafrial. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##