PEMBINAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VII DI MTsN1 PONTIANAK

Trisnawati Trisnawati, Idham Azwar, Moad Moad

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam mengembangkan sikap dan nilai-nilai nasinalisme siswa kelas VII di MTsN1 Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitataf dengan bentuk deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai informan dan keterangan langsung dari pihak yang dijadikan informan penelitian yaitu Waka kesiswaan, Pembina pramuka dan siswa. Hasil penelitian ini yaitu pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam mengembangkan sikap nasionalisme siswa kelas VII di MTsN1 Pontianak Sudah berjalan dengan baik ini hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan observasi. Dapat di Tarik Kesimpulan sebagai berikut : Bentuk kegiatan pramuka dalam mengembangkan sikap dan nilai-nilai  nasionalisme ,elalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka seperti : Latihan Bersama, Latihan Peraturan Baris-Baris, Perkemahan, Penjelajahan. Setiap pelaksanaan kegiatan ektrakurikuler pramuka akan berpengaruh kepada siswa yaitu : membangun persatuan dan kesatuan, mempererat tali persaudaraan, menumbukan rasa percaya diri yang tinggi dan mental yang kuat, mandiri, disiplin, bertanggung jawab, dan membangun kerja sama serta gotong royong. Kendala dalam mengembangkan siap nasionalisme siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTsN1 Pontianak di pengaruhi oleh faktor internal (dalam sekolah) dan eksternal (luar sekolah), dalam menegmbangkan sikap nasionalisme siswa tersebut.


Kata Kunci


Kata Kunci : Nasionalisme, Ekstrakurikuler Pramuka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas X Di Smk Ma’arif 1 Semaka Kec. Semaka Kab. Tanggamus Tahun Ajaran 2021/2022, 214-219.

Suparman, A., & Sumargono, S. (2022). Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas X Di

ArmawiArmaidy. Nasionalisme dalam dinamika ketahanan nasional. UGM PRESS, 2020.

Sugiono, (2018). ‘ Metode Penelitian Kuantitatir , Kualitatif , dan R&D , Bandung: Alfabeta

Hamidi J, Lutfi Mustafa . (2013). CIVIC EDUCATION : Bandung.Gramedia Pustaka

Noor, J. (2011). Metodelogi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Puspitasari., (2023). Managemen Ektrakulikuler Pramuka. Semarang. Cahya Ghani Recovery

Skripsi

Ekstrakurikuler Terhadap Motif Berprestasi Siswa SMK N 2 Garut. Skripsi Susanti, M. 2021. Implementasi Ekstrarkurikuler Wajib Kepramukaan di Sekolah

Implemetasi Nila-nilai Pancasila Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler pramuka Disekolah SMA Negeri 01 Menyuke Kabupaten Kubu Landak. Nopika. (2020).

M. Kabul. (2016). Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Pontianak.

Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Pendidikan Karakter Dalam Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Keperasi Pontianak. Arie Ibrahim. (2015).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##