PENGARUH KONDISI SOSIAL KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI KELA VIII MTS NEGERI 2 PONTIANAK

Meliandi Sawita Putri, Syafrial Nur, Moad .

Sari


   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kondisi sosial keluarga siswa kelas VIII pada minat belajar siswa saat masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk korelasi. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 325 siswa dan sampel 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner (angket) dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, analisis inferensial yang terdapat didalamnya ada uji normalitas, uji T test independen, uji Chi Kuadrat dan uji anova satu jalan (one way anova). Hasil penelitian ini adalah kondisi sosial keluarga berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas VIII B.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Asis Ramila. (2010). Pengaruh Minat Belajar Dan Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial SMA ANNUR Pekanbaru.

Abu, Ahmadi. H. (2003). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta

Ngalim Purwanto. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Istarani dan Intan Pulungan. (2015). Esiklopedi Pendidikan. Medan:Larispa

Ida Bagoes. (2003). Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi Hadari. (2007). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Universits Press.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2004). Sosiologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Nasution. (2014). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurul Ismhi. (2016) Pengertian Ekonomi. http://isma-ismi.com/pengertian- ekonomi.html [18 02 2021].

Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. .

IKIP PGRI Pontianak. 2021. Pedoman Operasional Akademik 2020-2021. Pontianak

Soclaiman. (1995). Pendidikan dan Keluarga. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Safari (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Soediyono Reksoprayitno. (2009). Ekonomi Mikro. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi (BPFE): UGM.

Soerjono Soekanto. (2009). Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga Remaja Dan Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

T. Gilarsao. (2008). Pengantar lmu Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Kanisius.

Undang-Undang Nomor. 20 Tahhun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Utama

Zuldafrial dan Muhammad Lahir. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##