ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI KELAS VIII SMP ISLAM AL-BAISUNNY KOTA PONTIANAK

Novarida Novarida, Sahid Hidayat, Agus Dediansyah

Sari


Judul penelitian ini adalah Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Kelas VIII SMP Islam Al-Baisunny Kota Pontianak. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam Penelitian ini Bagaimana Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Kelas VIII SMP Islam Al-Baisunny Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara dengan informan yang dianggap bisa memberikan pendapat dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian dengan hasilnya menunjukan bahwa Berdasarkan hasil analisis data pada saat dilakukan wawancara metode pembelajaran mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Islam Al-Baisunny Kota Pontianak belum mampu beradaptasi dengan situasi pandemi covid-19, baik melalui daring maupun luring.


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono 2012.

Pendidikan Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta

Dalyono, 2005. Psikologi

Pendidikan, Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011.

Psikologi Belajar. Jakarta :

Rineka Cipta.

Fauziah, S. D. (2019). Upaya Guru

Dalam Peningkatan Kualitas

Pembelajaran Fiqh Di

Madrasah Aliyah

muhammadiyah Kota Metro

(Doctoral

dissertation, IAIN Metro)

Hamdani, M. A. 2011. Strategi

Belajar Mengajar. Bandung:

Pustaka Setia.

Hakim, Thursan. 2005. Belajar

Secara Efektif. Jakara : Puspa

Swara

Imam Gunawan, S. M. 2017. Metode

Penelitian Kualitatif Teori

dan Praktik. Jakarta: Bumi

Aksara.

Isman, M. 2017. Pembelajaran

Moda dalam Jaringan (Moda

Daring). The

Progressive and Fun

Education Seminar.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T.,

Gunawan, H., & Panjiah, E.

Pembelajaran

Nawawi, H. 2012. Metode Penelitian

Bidang Sosial.Yogyakarta:

Gadjah Mada University

Prees.

Martini, J. 2014. kesulitan Belajar

Perspektif, Asesman, dan

Penanggulangannya. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy.J. 2017. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan

Belajar & Bimbingan

Terhadap Kesulitan Belajar

Khusus. Yogyakarta: Nuha

Litera.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil

Belajar. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Widyastuti, Ana. 2021. Optimalisasi

Pembelajaran Jarak jauh

(PJJ) Daring & Luring, BdR.

Jakarta: Gramedia.

Sudjana. 2005. Metode Statistika.

Bandung: Tarsito

Sugiyono.2011.Metode Penelitian

Pendidikan.Bandung:

Alfabeta

Sundari, A. 2019. Upaya Guru

Pendidikan Agama Islam

Dalam Menanamkan

Karakter Tanggung Jawab

Pada Siswa DI SMP Negeri

Rejang Lebong

(Doctoral dissertation,

IAIN Curup).

Suryabrata, Sumadi. 2012. Psikologi


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##