ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI SMA INDONESIA MUDA SUNGAI RAYA

Titin Violita, Eka Jaya Putra Utama, Superman Superman

Sari


Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi pembelajaran sejarah dengan metode Problem Based Learning pada siswa kelas XI Indonesia Muda Sungai Raya. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan kejelasan yang objektif mengenai: (1)Perencanaan pembelajaran sejarah dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas XI Indonesia Muda Sungai Raya; (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas XI Indonesia Muda Sungai Raya; (3) Hambatan dalam pembelajaran sejarah dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas XI Indonesia Muda Sungai Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi. Data Primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara yang di dapat dari informan. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal.Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah dokumen, panduan observasi dan paduan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan data non-statistik.  Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model problem based learning siswa kelas XI SMA Indonesia Muda Sungai Raya dikategorikan masih kurang sesuai, berdasarkan indikator yang ada bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu memahami silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan model problem based learning siswa kelas XI SMA Indonesia Muda Sungai Raya, telah dilaksanakan dilihat dari tahap-tahap pembelajaran yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Bagi siswa diharapkan dapat menyimak dan memperhatikan pembelajaran dan mengerti agar siswa aktif serta memiliki sikap kritis dalam berdiskusi serta dalam mengeluarkan pendapat. (3) Adapun yang menjadi kendala-kendala dalam pembelajaran sejarah yaitu kurangnya pemahaman siswa untuk memahami pembelajaran dan kurangnya sosialisasi dan pelatihan secara khsusus pada pendekatan guru serta, model yang digunakan guru kurang bervariasi, serta masih minimnya sarana/prasarana, dan sumber pembelajaran yang ada. (4) Solusi yang tepat yaitu diharapkan siswa dapat lebih percaya diri dan harus memiliki sikap kritis, dan aktif agar dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa dapat bertukar fikiran dan lebih akrab. Maka dari itu tidak ada pembelajaran yang sulit jika kita tidak malu untuk mengeluarkan pendapat dan berani berbicara apa yang kita pahami.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pembelajaran Sejarah


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Agung, L.D (2013). “Perencanaan Pembelajaran Sejarah”. Yogyakarta: Ombak.

Arikunto. (2006). “Prosedur Penelitian (Suatu pendekatan praktek)”. Jakarta: Rineka Cipta.

Aman. (2011). “Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah”. Yogyakarta: Ombak.

Anwar, Kasful & Harmi Hendra. (2011). “Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP”. Bandung: Alfabeta

Abbudin. (2011). “Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran”.Jakarta:Kencana.

Arifin, Zainal. (2009). “Evaluasi Pembelajaran.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aan Prabowo, dan Heriyanto. (2013). “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang”. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Fathurrohman, Pupuh & Sobry Sutikno. (2007). “Strategi Belajar Mengajar.” Bandung: PT Refika Aditama

Hamdani. (2011). “Strategi Belajar Mengajar.” Bandung: Pustaka Setia

Hemalik. Oemar. (2008). “Proses Belajar Mengajar.” Bandung: Bumi Aksara

Isjoni. (2007). “Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan.” Bandung: Alfabeta

Isjoni. (2009). “Cooperative Learning.” Bandung: Alfabeta.

Majid, A. (2013). “Strategi Pembelajaran.” Bandung: Remaja Rosdakarya

Moleong, L. (2011). “Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi).” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2011). “Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen”. Jakarta: Salemba Empat

Mulyadi. (2010). “Sistem Akuntasi” Jakarta: Salemba Empat.

Mulyasa. (2012). “Praktek Penelitian Tindakan Kelas.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugiyantoro. (2010). “Penilaian Pembelajaran Bahasa.” Yogyakarta: BPFE.

Nugrahani, F. (2014). “Metode PenelitianKualitatif.”Surakarta: Cakra Books.

Nana Sudjana. (2010).” Dasar- dasar Proses Belajar.” Bandung:Sinar Baru

Nawawi, Hadari. (1988).”Metodologi Penelitian Motivasi Belajar Terhadap Motivasi” Belajar.” Surakarta: FKIP UMS.

Purwanto. (2009). “Evaluasi hasil belajar”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Pribadi, A. Benny. (2016). “Model Desain Sistem Pembelajaran”. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Rusman. (2013). Model Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung Alfabeta

Slameto. (2013). “Belajar Dengan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhinya” Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada.

Suprijono, A. (2009). “Cooperative Learning dan Aplikasi PAIKEM” . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyanto. (2010). “Model-model Pembelajaran Inovatif.” Surakarta: Yuma Pustaka.

Sutirman. (2013). “Media dan Model Model Pembelajaran Inovatif.” Yogyakarta: Graha Ilmu

Taufik, A. (2010). “Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.” Jakarta: Kencana.

Wahyuningsih, S. (2013). “Metode Penelitian Studi Kasus.” Bangkalan: UTM PRESS.

Widyoko, Eko, Putro. (2009). “Evaluasi Program Pembelajaran.” Yogyakarta: Yuma Pustaka

Zuldafrial. (2011). “Strategi Belajar Mengajar.” Pontianak: Stain Press

Zuldafrial. (2012). “Penelitian Kualitatif.” Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##