ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK MANDIRI PONTIANAK

Nadila Putri, Emi Tipuk Lestari, Teguh Agustian

Sari


 Pada masa pandemi Covid-19, SMK Mandiri Pontianak mulai menerapkan pembelajaran online atau dalam jaringan dan pembelajaran jarak jauh. Penerapan pembelajaran tersebut membuat guru harus menggunakan media pembelajaran yang berbasis internet yang dapat menghubungkan interaksi antara guru dan siswa, salah satunya Google Classroom. Google Classroom merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran berbasis internet. Google Classroom dapat digunakan sebagai media pembelajaran, seperti membuat dan mengundang siswa ke dalam kelas virtual, mengelola kelas, memaparkan materi, dan kegiatan penugasan. Adapun kelebihan menggunakan Google Classroom dalam kegiatan pembelajaran adalah, Google Classroom mudah digunakan, terintegrasi dengan berbagai layanan Google, dapat diakses kapan dan dimana saja, dapat diakses lewat beberapa perangkat elektronik, proses komunikasi atau interaksi dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung secara fisik, efisien dalam penggunaan waktu, dapat diakses lewat berbagai jenis smartphone, pengelolaan tugas lebih mudah, dan efisien dalam penggunaan kertas. Sementara itu kendala penggunaan Google Classroom adalah pertama, tidak ada sinyal dan data internet bagi beberapa siswa untuk mengakses Google Classroom, karena untuk mengakses Google Classroom perangkat elektronik harus tersambung dengan jaringan internet; kedua, siswa kurang memahami isi materi karena sistem komunikasi atau interaksi yang dilakukan hanya bersifat non verbal. Ketiga terkendala karena penyimpanan handphone yang sudah penuh karena kapasitas penyimpanan handphone yang terbatass.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Google Classroom

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Aji, Syah. H.R. (2020) “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i. Volume 7, Nomor 5, Tahun 2020.

Andi, dkk. (2020) “Pembelajaran Sejarah Yang Aktif, Kreatif dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. Volume 3, Nomor 1, Tahun 2020.

Bahri, S, & Lestari T.E. (2021). “ Implementation Of Human Machine Friendship Learning In The Newnormal Era”. Journal of Education and Learning (EduLearn), Volume 15, Nomor 2, Tahun 2021.

Darmawan, Yuda. (2019). “Pengguna Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Jurusan IPS”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Matematika.Dasopang, Darwis, & Pane, Aprida. (2017). “ Belajar Dan Pembelajaran”. Jurnal Kajian Ilmu/Keislaman, Volume 03, Nomor 2, Tahun 2017.

Djamarah, B.S & Zain, Aswan. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Firmansyah, Haris & Kurniawan, Syamsul. (2017). Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building. Yogyakarta: Ombak.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Belajar.

Hamid K, Abdul, & Arnesi, Novita. (2015). “Penggunaan Media Pembelajaran Online-Ofline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris”. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Tahun 2015.

Lestari, Tipuk E. (2013). “Pengaruh Penggunaan Sumber Primer Dalam Pembelajaran IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Di MTS Swasta Al-Ikhlas Kuala Mandor B Pontianak)”. Jurnal Edukasi, Volume 11, Nomor 2, Tahun 2013.

Nasution, Nur W. (2017). “Perencanaan pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur”. Jurnal Ittihad, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2017.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penulisan Bidang Sosial. Jakarta: Gajah Mada University Press.

Nurbaiti, Nirfayanti. (2019). “Pengaruh Media Pembelajaran Goggle Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa”. Jurnal Penulisan Matematika Dan Pendidikan Matematika. Volume 4, Nomor 2, Tahun 2019.

Nuriansyah, Fazar. (2020). “Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2020.

Putra, AA, (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Media Google Classroom Untuk Keterampilan Menulis”. Jurnal Pendidikan, Volume 2, Nomor 2, Tahun 2017.

Rinayanti, Minik. (2020). Cara Praktis Menggunakan Google Classroom. Yogyakarta: Deepublish

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Shunhaji. (2014). “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran”. Jurnal Kependidikan, Volume II, Nomor 2, Tahun 2014.

Sugiyono. (2016) . Metode Penulisan Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penulisan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Utama, J.E, & Nugroho, B.A. (2018). “Pembelajaran Sejarah Dengan Metode Debat Aktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak”. Jurnal Pendidikan Sosial, Volume 5, Nomor 2, Tahun 2018.

Warsah, Idi, dkk. (2020). “Pemanfaatan Media Pembelajaran Online di SMK IT Rabbi Radhiyya Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Pendidian Islam, Volume 5, Nomor 2, Tahun 2020.

Wijaya. (2017). Manusia Praaksara dan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Hasil Budayanya. Jawa Barat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zuldafrial. (2012). Penulisan Kuantitatif . Yogyakarta: Media Perkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##