PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 3 JAWAI KABUPATEN SAMBAS

Cici Novarianti, Sahid Hidayat, Basuki Wibowo

Sari


Penelitian ini berjudul Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 03 Jawai Kabupaten Sambas, adapun fokus dari masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran guided note taking pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Jawai Kabupaten Sambas, 2) Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 03 Jawai Kabupaten Sambas Dan 3) Apakah pembelajaran IPS dengan menerapkan strategi pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 03 Jawai Kabupaten Sambas.

Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan: 1) Minat belajar siswa kelas VII terhadap pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Jawai  Kabupaten Sambas, sebelum diterapkan strategi guide note taking mencapai nilai 42.51. Jika dengan tabel distribusi frekuensi maka minat belajar siswa berada pada kategori kurang tinggi. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS tergolong kurang baik, 2) Pembelajaran menggunakan strategi guide note taking di SMP Negeri 3 Jawai Kabupaten Sambas meningkatkan minat belajar siswa dari minat belajar siswa kurang baik menjadi sangat baik dan 3) Pembelajaran IPS menggunakan strategi guide note taking dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Jawai  Kabupaten Sambas, minat belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 42,51, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan yang memperoleh nilai rata-rata 61,03 dan meningkat lagi pada siklus 2 memperoleh nilai rata 82,37

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Renika Cipta

Hamzah, Uno. (2015). Teori Motivasi dan Pengukuran. Gorontalo: Bumi Aksara

Kusnandar. (2009). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Press

Mulyasa. (2010). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Rosda Karya

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjiono, Anas. (2009). Pengantar Evaluasi. Jakarta: Renika Cipta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##