ANALISIS KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 01 SEBANGKI

Sepriana Mita, Emi Tipuk Lestari, Fivi Irawani

Sari


Tujuan penelitian ini untuk melihat kreativitas belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 01 Sebangki. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah Guru Sejarah, Waka Kurikulum dan Siswa. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini secara umum sudah cukup baik terlihat dari siswa yang sudah menunjukkan sikap kreatifnya. Kreativitas belajar juga merupakan sebuah dorongan seseorang untuk menghasilkan sesuatu melalui pembelajaran baru yang dilakukan oleh guru dengan mengembangkan potensi kreatifnya yang dimilikinya, serta kemampuan keingintahuan siswa yang cukup besar dalam pembelajaran juga disertai dengan sikap perilaku siswa melalui perasaan, minat, sikap, dan emosi dalam menciptakan kreativitas itu sendiri. Faktor yang mempengaruhi kreativitas belajar faktor internal dari dalam diri siswa dan factor eksternal dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

 

Kata Kunci : Kreativitas Belajar, Pembelajaran Sejarah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, Leo & Sri Wahyuni. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak Dua

Aman. (2011). Model Evaluasi Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Beetlestone, F. (2013). Creative Learning. Bandung: Nusa Media

Bahri, S., & Lestari, E. T. (2015). Penerapan Teknik Bertanya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kelas Viii Di Madrasah Tsanawiyah Darul Khairat Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2 (1)

Erikasari, E. (2019). PERANAN MOTIVASI, KREATIVITASDALAM PROSES BELAJAR DANPEMBELAJARAN. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2).

Fakhriyani, D, V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2),.

Hamid, R. (2020). Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak Tiga

Hidayat, S., & Dediansyah, A. (2020). Pengaruh Modelcooperative Learning Terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6 (2)

Kusumawardani, R. (2015). Peningkatan kreativitas melalui pendekatan brain based learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9 (1)

Lestari, E. T., & Irawan, F. (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. HISTORICA DIDAKTIKA, 1 (2).

Martin, M. (2016). Analisis Kreativitas Belajar Sswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Simpang Dua Kabupaten Ketapang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial. IKIP-PGRI PONTIANAK.

Moleong, J, Lexy. (2021) .Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19-27.

Rachmawati, Y dan Euis Kurniati (2010). Strategi pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Guepedia.

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.

Subana. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif,n Kualitatif, R&D). Bandung: ALFABETA

Sutopo, H,B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Zuldafikar. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##