PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANJONGAN KABUPATEN MEMPAWAH

Delida Silvie, Muhammad Syaifulloh, Fivi Irawani

Sari


Penelitian ini mengambil judul "Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Anjongan Kabupaten Mempawah" dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru mengenai Kurikulum Merdeka, implementasi pembelajaran sejarah dalam Kurikulum Merdeka, serta kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi peserta didik terkait Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Anjongan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan bentuk penelitian adalah studi kasus.Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru sejarah, dan siswa kelas X E. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru mengenai Kurikulum Merdeka dapat dikatakan kurang memahami, implementasi pembelajaran sejarah dalam Kurikulum Merdeka sudah baik, dan terdapat kendala utama dalam penerapan Kurikulum Merdeka yaitu dari segi skill, waktu, dan saranaprasarana. Saran yang diajukan adalah pemerintah sebaiknya memberikan pelatihan lebih lanjut kepada guru, guru perlu lebih memahami Kurikulum Merdeka dan memperhatikan metode yang digunakan, serta kepala sekolah perlu memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana untuk memudahkan proses belajar mengajar. Kata kunci dari penelitian ini adalah Pembelajaran Sejarah dan Kurikulum Merdeka

Kata Kunci


Kata Kunci :Pembelajaran Sejarah, Kurikulum Merdeka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bahriah, Evi Sapinatul, Dkk.

Aplikasi Kurikulum Merdeka:

Fenomena Learning Loss Pada Pembelajaran Kimia. Bandung:

Media Sains Indonesia

Farhana,Ika. 2022. Memerdekakan Pikiran

Dengan Kurikulum Merdeka:

Memahami Konsep Hingga

Penulisan Praktik Baik

Pembelajaran Dikelas.Bogor:

Penerbit Lindan Bestari

Fitrah & Luthfiyah. 2017. Metodologi

Penelitian : Penelitian Kualitatif,

Tindakan Kelas & Studi Kasus.

Cetakan pertama. CV Jejak: Jawa

Barat

Indriyana, Putu Tedy, dkk. 2022.

Penerapan Strategi Dan Model

Pembelajaran Pada Kurikulum

Merdeka Belajar.Bandung: Media

Sains Indonesia

Keputusan Kepala Badan Standar,

Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan

Kementerian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi

Nomor 008/H/KR/2022 Tentang

Capaian Pembelajaran Pada

Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang

Pendidikan Dasar, Dan Jenjang

Pendidikan Menengah Pada

Kurikulum Merdeka(Indonesia).

Diakses tanggal 22 Oktober 2022

dari

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/w

p-content/unduhan/CP_2022.pdf

Keputusan Menteri Pendidikan

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Republik Indonesia Nomor

/M/2022 Tentang Perubahan

Atas Keputusan Menteri

Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan

Teknologi Nomor 56/M/2022

Tentang Pedoman Penerapan

Kurikulum Dalam Rangka

Pemulihan Pembelajaran

(Indonesia). Diakses tanggal 28

Januari 2023 dari

https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/si

perpu/dokumen/salinan/salinan_202

_121315_Fix%20Salinan%20

JDIH_Kepmen%20Perubahan%205

%20Pemulihan%20Pembelajaran.p

df

Keputusan Menteri Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Republik Indonesia Nomor

/M/2022 Tentang Pedoman

Penerapan Kurikulum Dalam

Rangka Pemulihan Pembelajaran

Menteri Pendidikan, Kebudayaan,

Riset, dan Teknologi(Indonesia).

Pembelajaran Kimia. Bandung:

Media Sains Indonesia

Farhana,Ika. 2022. Memerdekakan Pikiran

Dengan Kurikulum Merdeka:

Memahami Konsep Hingga

Penulisan Praktik Baik

Pembelajaran Dikelas.Bogor:

Penerbit Lindan Bestari

Fitrah & Luthfiyah. 2017. Metodologi

Penelitian : Penelitian Kualitatif,

Tindakan Kelas & Studi Kasus.

Cetakan pertama. CV Jejak: Jawa

Barat

Indriyana, Putu Tedy, dkk. 2022.

Penerapan Strategi Dan Model

Pembelajaran Pada Kurikulum

Merdeka Belajar.Bandung: Media

Sains Indonesia

Keputusan Kepala Badan Standar,

Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan

Kementerian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi

Nomor 008/H/KR/2022 Tentang

Capaian Pembelajaran Pada

Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang

Pendidikan Dasar, Dan Jenjang

Pendidikan Menengah Pada

Kurikulum Merdeka(Indonesia).

Diakses tanggal 22 Oktober 2022

dari

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/w

p-content/unduhan/CP_2022.pdf

Keputusan Menteri Pendidikan

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Republik Indonesia Nomor

/M/2022 Tentang Perubahan

Atas Keputusan Menteri

Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan

Teknologi Nomor 56/M/2022

Tentang Pedoman Penerapan

Kurikulum Dalam Rangka

Pemulihan Pembelajaran

(Indonesia). Diakses tanggal 28

Januari 2023 dari

https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/si

perpu/dokumen/salinan/salinan_202

_121315_Fix%20Salinan%20

JDIH_Kepmen%20Perubahan%205

%20Pemulihan%20Pembelajaran.p

df

Keputusan Menteri Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Republik Indonesia Nomor

/M/2022 Tentang Pedoman

Penerapan Kurikulum Dalam

Rangka Pemulihan Pembelajaran

Menteri Pendidikan, Kebudayaan,

Riset, dan Teknologi(Indonesia).

Diakses tanggal 15 april 2023 dari


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##