UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

Cici Paramita, Bohari Bohari, Arif Januardi

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan metode tipe Example Non Example pada mata pembelajaran Sejarah kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammdiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Observasi Langsung, Teknik Dokumenter, Teknik Langsung dan Teknik Tidak Langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi, Dokumentasi, Wawancara dan Soal Tes. Hasil penelitian tindakan kelas ini berdasarkan pengamatan dan persentase ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode tipe Example Non Example menunjukan ada peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I dengan nilai rata-rata 78,12% dengan persentase ketuntasan 68% pada perhitungan 8 orang yang belum tuntas dan 17 orang tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan, hasil siklus II dengan nilai rata-rata 81,00% dengan persentase ketuntasan 100% pada perhitungan 25 orang siswa tuntas semua sesuai dengan KKM yang telah ditentukan.


Kata Kunci


Kata Kunci : Hasil Belajar, Example Non Example

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Tanggerang: Lembaga Literasi Dayak.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI

Rochiati, W. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kisyani-Laksono & Tatag Yuli Eko Siswono. (2018). Penelitian Tindakan Kelas.

Mahmud, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##