UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN METODECOOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONPADA MATA PELAJARANSEJARAH DI KELAS X IPS SMA NEGERI 02 SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA

Windi Putri F, Sahid Hidayat, Agus Dediansyah

Sari


Abstrak

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMA Negeri 02 Seponti Kabupaten Kayong Utara”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dan untuk bentuk penelitian tindakan kelas yang peneliti gunakan adalah bentuk penelitian PTK  Kolaboratif. Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus I  memperoleh rata-rata 69,25% dengan kategori “Cukup Baik”, hal ini dapat diinterpretasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada siklus I masih kurang optimal seperti kurangnya pemahaman terhadap penggunaan metode Cooperative Integrated Reading And Composition  yang dapat dilihat dari hasil diskusi dimana siswa cenderung tidak ingin mempresentasikan hasil diskusinya bersama kelompok. Akan tetapi pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan di siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 77,1%  dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus I dan II terjadinya peningkatan minat membaca sebesar 7,85%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran setelah menggunakan metode Cooperative Integrated Reading And Composition  di kelas mengalami peninggkatan minat membaca.


Kata Kunci


Kata Kunci: Minat Membaca, Cooperative Integrated Reading And Composition

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjani,S,Dantes,N,& Aratawan, G. 2019 Pengaruh Impelmentasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus Li Kuta Utara. 3(2), 10

Istarani.2011. 58 Model pembelajaran Inovatif .Medan : Media Persada

Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Tanggerang: Lembaga Literasi Dayak.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rochiati, W. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kisyani-Laksono & Tatag Yuli Eko Siswono. (2018). Penelitian Tindakan Kelas.

Paizaluddin, & Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Rahim, Farida. 2018. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara. Jakarta. 162 hlm

Superman, Yulita Dewi Purmintasari, dan Rini Agustina. 2019. Penguatan Literasi Disekolah .Gervasi:jurnal pengabdian kepada masyarakat.vol.3(2)

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##