UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE SOSIODRAMA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 SATAP BELIMBING

Weli Kusuma, Emusti Rivasintha, Siswandi Siswandi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS Terpadu dan bagaimana Untuk mengetahui perencanaan metode sosiodrama dalam meningkatkan minat belajar siswa metode sosiodrama sebagai sumber belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Belimbing. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian Tindakan kelas dan bentuk penelitian yang peneliti gunakan kolaboratif bersama guru dalam penerapan metode sosiodrama. Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dilakukan dua siklus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Belimbing. Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus I memperoleh rata-rata 68,02% dengan kategori “cukup baik”, hal ini dapat diinterperentasikan bahwa pelaksanaan siklus I masih kurang optimal seperti kurangnya pemahaman terhadap metode sosiodrama yang dapat dilihat dari hasil bermain sosiodrama. Akan tetapi pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan di siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 76,52% dengan kategori “baik”


Kata Kunci


minat belajar siswa, sosiodrama, IPS Terpadu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto Suharsimi. & dkk. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara

Ali M & Zainal A. (2022). Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif Dengan

metode. Yogjakarta: Pustaka Referensi

Hamid. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi. Tenggerang: lembaga litterasi dayak

Hamzanwadi. (2021). Hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa (teori dan praktik). Jakarta: Guepedia

Islahul. (2019). Hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa (teori dan praktik). Jakarta: Guepedia

R. Abdullah & Wendhie. (2020). Paduan praktis penelitian tindakan kelas. Bandung: rosdakarya

Rustiyarso & Tri Wijaya. (2020). Paduan dan aplikasi penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Noktah

Sugiyono. (2013). metode penelitian Kualitatif. Bandung: alfabeta

Sugiyono. (2016). metode penelitian Kualitatif. Bandung: alfabeta

Sugiyono. (2017). metode penelitian Kualitatif. Bandung: alfabeta

Sahrawi. (2018). minat belajar siswa & pengajaran mengunakan games. Jurnal Pengabdian masyarakat. Vol. 2, No. 2, Desember 2018

Sugiyono. (2018). Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta

Tri Ayu F. (2017) Implementasi metode sosiodrama dalam meningkatkan nasionalismen siswa pada pelajaran

sejarah. Jurnal hinstori. Vol 5, No 2, 2007. Andi. C. P. (2019).

Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal idaarah. Vol. III, No. 2, Desember 2019

Apdelmi. Tri Ayu. F. (2017). Implementasi metode sosiodrama dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa pada pembelajaran sejarah. Jurnal historia. Vol. 5, No. 2, Tahun 2017

Dalyono. (2010). Kondisi Sosial dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 1, No. 2,

Desember 2021

Dinar dan Ahmad J. (2010). Sosiodrama pembelajaran IPS sebagai upaya peningkatan kepercayaan siswa. Jurnal Pendidikan.

Dewa Gede B. E. (2014). Pengunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berwawancara dengan berbaggai kalangan pada siswa kelas VIII smp mutiara singaraja. Jurnal santiaji pendidikan. Vol. 4, No 1, Januari 2014

Rahmadhana. F. Rismareni. P. (2020) keunggulan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia dini. Jurnal pendidikan Tambusai. Vol. 4, No. 2,

Tahun 2020


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##