PERKEBUNAN KARET RAKYAT MASYARAKAT DAYAK DESA DI KABUPATEN SINTANG TAHUN 1980-2020

Fokas Ason, Sahid Hidayat, Muhammad Syaifulloh

Sari


Masyarakat Dayak Desa merupakan suatu kelompok suku Ibanik Group yang merupakan salah satu mayoritas masyarakat yang mendiami wilayah diKabupaten Sintang.Perkebunan karet rakyat di Provinsi Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sintang sudah membudaya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dan merupakan mata pencaharian utama.Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat langkah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwakegiatan perladangan masih tetap dipraktikan oleh hampir semua penduduk Desa Ensaid Panjang sebagai mata pencarian utama untuk menopang kebutuhan mereka akan beras dan bahan konsumsi lainnya. Bekas ladang, setelah panen selesai biasanya ditanami tanaman karet.Perkebunan rakyat (PR) di Desa Ensaid Panjang hasil karet diolah secara sederhana.Karet yang di produksi dan dijual untuk menghasilkan uang bagi masyarakat Desa Ensaid Panjang adalah lateks.Harga karet yang tidak stabil, di Desa Ensaid Panjang berdampak pada tingkat pendapatan petani perbulan yang mengakibatkan harus bekerja sampingan untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.Harga karet yang diterima oleh masyarakat di Desa Ensaid Panjangsangat penting, karena penduduk Desa bergantung dengan mata pencaharian karet untuk bertahan hidup.


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdurahman, Dudung. (2011). Metodologi Penelitian Sejarah Islam. Yogyakarta: Ombak.

Daliman. (2012). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Gabriel. (2020). Rapat Anggota Tahunan Paripurna Tahun Buku 2020. Kota Singkawang: Kantor Pusat CU Bonaventura.

Hamid. Abd Rahman dan Madjid. Muhammad Saleh. (2015). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogjakarta: penerbit ombak

KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) BONAVENTURA, Ketentuan Umum Tahun Buku 2020, Singkawang.

Munaldus. (2015). Cerdit Union OPTIMIZE PEOPLE. Gramedia: Jakarta.

Rosyidi, Suherman. (2017). Pengantar Teori Ekonomi. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Soemardjan, S. (1986). Perubahan Sosial di Yogyakarta. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Barombo, Ayub dkk. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Koperasi Credit Union (Cu). PMIS-Untan – Jurnal Tesis.

Carollina. Monica dan Sutarta Ag. Edi. (2014). Peranan Credit Union sebagai Lembaga Pembiayaan Mikro. Modus Vol.26 (2): 157-172

Chintya, Wuri Ajeng & Darsana, Ida Bagus. (2013). Analisis Pendapatan Pedagang Di Pasar Jimbaran, Kelurahan Jimbaran. E-Jurnal EP Unud, 2 [6] : 277- 283.

Goddard John A., McKillop Donal G., Wilson John O.S. (2002 ). The Growth of US Credit Unions. Journal of Banking & Finance Vol.26 , hal. 2327–2356.

Lathifah, Af’idatul & Christianti, Lydia. Perubahan Sosial-Ekonomi Masyarakat Petani di Sekitar Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi E-ISSN : 2599-1078.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##