ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BERBASIS ZOOM DI KELAS XI SMAN 1 PUTUSSIBAU KABUPATEN KAPUAS HULU

Leonardo Dharmawan, Bohari ., Muhammad Sadikin

Sari


Metode yang digunakan dalam peneliti ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas XI yang berjumlah 3 orang, Guru Mata Pelajaran Sejarah dan Wakil Kepala Kurikulum SMAN 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi langsung, dokumentasi dan arsip. Observasi penelitian ini dilakukan pada guru sejarah kelas XI SMAN 1 Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana yang telah diuraikan pada bagian terdahulu, dapat di simpulkan bahwa pembelajaran daring berbasis zoom di kelas XI SMAN 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, 1) Dalam tahap perencanaan pembelajaran daring berbasis zoom pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMAN 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu.  Pembelajaran daring sudah diterapkaan namun belum bisa dikatakan efektif karena pembelajaran daring ini baru diberlakukan di dunia pendidikan. RPP yang digunakan oleh guru baru mengunakan RPP daring sehingga belum bisa efektif, Untuk penerapannya guru menggunakan aplikasi whatsapp group untuk menghubungi siswa.2)pelaksanaan pembelajaran daring berbasis zoom pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMAN 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam proses belajar mengajar, pelaksanaan merupakan hal penting yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran, semua ini untuk melihat cara atau metode apa yang guru pakai untuk memastikan pembelajaran dapat berjalan dengan semestinya dan tercapainya tujuan belajar terutama saat siswa dan guru dituntut untuk harus belajar di rumah melalui alat komunikasi jarak jauh. 3) Terdapat faktor penghambat pembelajaran berbasis daring di kelas XI SMAN 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Seperti kekurangan sinyal internet, keterbatasan biaya untuk membeli kuota internet yang mahal, masih banyak siswa yang tidak memiliki handphone, dan tidak adanya fasilitas wifi gratis.Guru mengatasi masalah pembelajaran berbasis daring pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMAN 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, guru bisa mengatasi masalah-masalah tersebut dengan melakukan pendekataan-pendekatan. Hal yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah dalam pembelajaraan daring berbasis zoom adalah dengan memperkuat jaringan wifi di sekolah, guru memberikan penekanan kepada siswa untuk datang kesekolah dan menerapkan protocol kesehatan covid-19.

 

Kata Kunci: analisis, zoom,pembelajaran berbasis daring

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aman. (2010). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogjakarta: Ombak.

Darmadi, Hamid . (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogjakarta: CV Budi Utama

Nawawi, Hadawi. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press. Sanjaya, Ridwand. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring Dimasa Darurat. Jawa Barat: SCU Knowledge Media.

Moelong, Lexy J. (2013).Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pohan, Effendi Albert. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Tanpa Kota: CV Sarnu Untung

Rimbarizki, Rimbu. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vakasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. Surabaya: E Jurnal UNESA.

Sanjaya, Ridwand. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring Dimasa Darurat. Jawa Barat: SCU Knowledge Media.

Sugiyono .(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##