PERAN HIRARKI GEREJA SANTO FIDELIS SEJIRAM DALAM PENYEBARAN AGAMA KATOLIK TAHUN 1892-1905

Andreas Andolin, Emusti Rivasintha

Sari


Tujuan penelitian ini adalah menguraikan mengenaiPeran Hirarki Gereja Santo Fidelis Sejiram Terhadap Pernyebaran Agama Katolik Tahun 1892-1905 Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah 1) Ruang lingkup spasial adalah hal-hal yang berkaitan dengan pembatasan suatu daerah atau Kawasan tertentu atau Kawasan tertentu tempat peristiwa terjadi, 2) Ruang lingkup temporal adalah hal-hal yang berkaitan dengan kajian peristiwa itu penelitian ini diangkat sekitar tahun (1892-1905). Tahun 1892 adalah awal berdirinya Gereja Santo Fidelis Sejiram sedangkan tahun 1905 adalah para misionaris melakukan misi di Kapuas Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis dengan pendekatan indisipliner. Adapun yang dimaksud dengan penelitian historis ialah suatu pengkajian, penjelasan dan penganalisaan secara kritis terhadap fakta-fakta masa lampau. Pendekatan indisipliner merupakan suatu pendekatan yang menggunakan konsep disiplin ilmu-ilmu sosial.Hasil penelitiannya adalahDalam proses peneyebaran agama Katolik di Sejiram cukup diterima dengan baik oleh masyarakat setempat, hal ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang antusias ketika para misionaris ini mencoba menyebarkan agama Katolik di tempat mereka. Hal yang paling utama dilakukan oleh para misonaris adalah belajar bahasa setempat agar memudahkan dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Selain menyebarkan agama para misionaris juga memiliki peran di bidang Pendidikan dan Kesehatan. Pastur sendiri banyak yang berprofesi sebagai tenaga pengajar sedangan para suster atau Biarawan/Biarawati banyak berperan sebagai perawat yang membantu dalam pelayanan Kesehatan

 


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Rahman, M. T. 2011. Globalisasi Teori Sosial. Bandung: IBNU SINA PRESS.

Winarto dan Herimanto.2012. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Veth. 1999. Borneo Bagian Barat Geografis, Statistis, Historis. Institut Dayakologi

Atmaja. 2016. Sejarah Gereja Kalimantan Barat I. Institut Satu Borneo

Manaf. 2006. Sejarah Agama-Agama. Surakarta: UPT Penerbit dan Pencetakan UNS (UNS Press).

Eka. 2020. Suatu Tinjauan Historis Perkembangan Nasionalisme Umat Katolik di Indonesia. Jurnal Sosiologi Agama.Vol 14, No 1.

Asmi dkk. Pendidikan Xaverius Pada Masa Belanda di Indonesia. Jurnal Pendidikan. Vol 2, No.1.

Holilulloh.2016. Pierre Bourdieu dan Gagasannya Mengenai Agama, Jurnal Cipta Ilmu.Vol 12.

Limantara & Roosandriantini.2021. IdentifikasiPembentuk Karakter Langgam Arsitektur Klasik Pada Gereja Katolik Kelahiran Gereja Santa Perawan Maria, Jurnal Arsitektur.Vol 11.

Georg Kirchberger. 2012. Gereja Katolik Indonesia Dalam Prspektif Para Uskup Indonesia, Jurnal Berbagi, Vol 1, No 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##