UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTROMING PADA SISWA

Paskadelia Dara Edo, Kamaruzzaman Kamaruzzaman, Riki Maulana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming tepat untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan, dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan teknik pengumpulan data yaitu (1) teknik observasi langsung, (2) teknik komunikasi langsung, (3) teknik komunikasi tidak langsung. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) pedoman observasi, (2) panduan wawancara, (3) skala psikologis. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Sintang dengan jumlah subjek 10 orang peserta didik. Hasil pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sintang setelah diberikan tindakan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming, menunjukkan bahwa tingkat komunikasi antarpribadi siswa meningkat secara signifikan dan masuk ke dalam kategori tinggi. Dengan demikian, bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terbukti efektif dalam meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa, yang pada gilirannya dapat mendukung perkembangan sosial mereka dalam lingkungan sekolah.


Kata Kunci


Komunikasi Antarpribadi, Bimbingan Kelompok, Brainstroming

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifa, S. N. (2024). Keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kedungadem (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri).

Ardiatma, A. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi antarpribadi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis pada siswa kelas XI Matematika dan Sains 2 di SMA Negeri 1 Muntilan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2012). Metodologi penelitian kualitatif: Analisis data. PT Raja Grafindo Persada.

Hidayat, R., & Badjraman, N. (2012). Penelitian tindakan dalam bimbingan dan konseling. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Humida, N. (2019). Teknik bimbingan kelompok dalam peningkatan komunikasi interpersonal. Bandung: Alfabeta.

Larasati, S. (2020). Psikologi sosial dan dinamika kelompok. Yogyakarta: Andi Offset.

Rawlinson, P. (1977). Brainstorming for better ideas: How to encourage creativity in groups (2nd ed.). New York: Harper & Row.

Roestiyah, S. (2008). Strategi dan teknik bimbingan kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Rogers, E. M. (1981). Communication in organizations. New York: Free Press.

Sulistiyana, A. (2016). Efektivitas teknik latihan asertif dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 34(2), 145–162.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##